Home Kisah 10 Kebiasaan Orang Sukses

10 Kebiasaan Orang Sukses

106
0
SHARE

Salah satu kiat menjadi orang sukses dengan memperhatikan kebiasaan orang sukses di seluruh dunia. Walaupun orang sukses tersebut jumlahnya beragam, dan bisa terbilang banyak, namun ada beberapa kebiasaan mereka yang sama persis satu sama lain. Dan kebiasaan tersebut bisa kita tidur, agar kita menjadi lebih dekat dengan kesuksesan.

Kebiasaan adalah suatu tindakan yang lazim dilakukan oleh orang-orang tertentu. Misalnya, Anda setiap hari bangun siang hari, pada pukul 10.00 pagi. Maka kebiasaan Anda adalah bangun pada pukul 10.00 pagi.

Apakah kebiasaan tersebut bisa dirubah? Untungnya kebiasaan tersebut bisa Anda ubah. Tapi memang mengubah kebiasaan tersebut sangat sulit.

Kecuali kalau ada satu faktor yang memaksa seseorang untuk mengubah kebiasaannya. Contohnya, ketika pria jatuh cinta. Pria yang awalnya terbiasa untuk tidak berkomunikasi menggunakan smartphone, mungkin karena sudah terbiasa tidak ada yang menghubungi.

Ketika jatuh cinta, dia akan mencari-cari alasan untuk berkomunikasi dengan pujaan hatinya. Dan pada akhirnya, berkomunikasi via smartphone menjadi kebiasaan bagi pria yang jatuh cinta.

Kebiasaan Orang Sukses
Untuk mempersingkat kata, sebaiknya perhatikan 10 kebiasaan orang sukses.

1. Selalu bangun pagi
Salah satu 50 kebiasaan orang sukses di dunia adalah bangun pagi. Entah kenapa gitu ya, bangun pagi bagi mereka sudah menjadi kebiasaan.

Padahal bangun pagi itu sulit sekali, butuh tantangan besar untuk bisa bangun pagi. Rasanya, gravitasi tempat tidur itu sangat besar di pagi hari.

Sebenarnya ada apa dengan pagi hari? Apa sih kebiasaan orang sukses di pagi hari? Dilansir dari www.rd.com, Biasanya orang-orang sukses selalu bangun pagi, setelah itu mereka melakukan meditasi, hal ini penting untuk menenangkan pikiran.

Mereka menjauhi kopi, karena tidak baik untuk kesehatan. Mereka sarapan dengan makanan yang bergizi seimbang, dan mereka melakukan rencana apa yang mereka lakukan hari ini.

Jika dilihat, kebiasaan tersebut tampak sepele. Namun, jangan pernah menyepelekan hal tersebut. Nyatanya, hal tersebut sangat berpengaruh.

Misalnya, bangun pagi, hal tersebut membuat pikiran menjadi segar (bila tidak insomnia). Dan ketika bangun pagi, dengan pikiran segar, mampu memikirkan apa saja yang direncanakan secara matang.

2. Memiliki rencana harian setiap hari
Nah, ini kelanjutan dari bangun pagi, berencana apa yang dilakukan pada hari tersebut. Memikirkan rencana yang matang, bisa dibilang jadwal kegiatan sehari-hari orang sukses yang tentunya memberikan dampak positif bagi kehidupannya. Hal tersebut sangat jarang dilakukan orang-orang.

Misalkan Anda, Anda bangun pagi. Pada hari itu adalah hari Senin, jadwal kantor sangat padat. Bangun pagi, mandi pagi, dan sarapan.

Apakah Anda sempat untuk merencanakan apa yang harus dilakukan pada hari Senin? Mungkin Anda tidak sempat merencanakan, mungkin Anda terus bekerja tanpa ada rencana lebih matang.

Memang sih terlihat sepele. Namun, hal tersebut memang perlu. Misalnya, pada hari Senin, kerjaan kantor menumpuk. Pada pagi harinya merencanakan, menyapa teman kantor lalu melakukan kerjaan kantor sebaiknya, sebelum istirahat, pekerjaan tersebut harus selesai.

Pada siang harinya, sarapan di kantin. Setelah makan siang, kerja santai di kantor, karena beberapa pekerjaan telah selesai. Pada sore harinya, ke toko buku, membeli beberapa buku bermanfaat. Lalu pada malam harinya, menyempatkan diri membaca buku.

Banyak sih rencana yang harus dibuat. Tergantung dengan keadaan Anda. Namun, biasanya nih, apa yang direncanakan, enam puluh persen terwujud.

Karena pikiran telah fokus ke hal yang sudah direncanakan, terutama pada pagi harinya. Kenapa enam puluh persen? Setidaknya sudah lebih lima puluh persen. Karena empat puluh persennya, adalah hal yang tidak terduga terjadi.

3. Selalu belajar
Setelah menyelesaikan perkuliahan, sudah S3-lah dikatakan, apakah kegiatan belajar akan berhenti? Kebanyakan orang biasa saja akan berhenti belajar dan fokus pada pekerjaannya. Namun, orang-orang sukses tidak akan berhenti belajar. Inilah salah satu kebiasaan orang sukses setiap hari yang perlu ditiru.

Apa sih yang harus dipelajari lagi? Selain pelajaran saat sekolah? Banyak sekali pelajaran yang harus dipelajari. Bisa jadi belajar mengenai kehidupan, psikologi, bisnis, parenting, tutorial, dan lain sebagainya. Ilmu ini begitu luas, tidak mungkin kita mampu mempelajari segalanya.

Dengan terus belajar, maka ada hal baru yang didapatkan. Misalnya, kita mempelajari ilmu komunikasi. Maka, ada beberapa trik sederhana yang diterapkan agar komunikasi menjadi lancar.

Komunikasi itu penting dalam sebuah pekerjaan, maupun wirausaha. Oh ya, ada lagi yang harus dipelajari dan ini sangat penting. Yaitu pelajaran mengenai agama.

Kapan seseorang itu berhenti belajar? Sebenarnya, seseorang berhenti belajar ketika ajalnya telah menjemput. Artinya, selama manusia hidup, maka selama itu pula dia terus belajar tanpa henti, dan tanpa lelah.

4. Berkomunikasi dengan banyak orang
Orang sukses berwirausaha maupun sukses di instansi, tentunya tidak lepas yang namanya komunikasi. Pekerjaan itu erat kaitannya dengan komunikasi.

Komunikasi antar pelanggan, ke kepala, teman sekantor, maupun dengan orang lain. Komunikasi itu sangat perlu dalam membangun sebuah kesuksesan.

Oh ya, dalam menjalani pekerjaan maupun usaha, pasti ada yang namanya konflik. Cara yang tepat untuk menyelesaikan konflik tersebut dengan berkomunikasi satu sama lain. Seseorang yang berhasil menyelesaikan konflik dengan cara komunikasi, maka dia adalah orang yang sukses (Kenneth H. Cohn).

Dengan demikian, betapa pentingnya dalam membangun komunikasi. Komunikasi dua arah, yang saling memberikan keuntungan dan pencerahan satu sama lain. Oh ya, komunikasi di sini bukan hanya dengan bicara langsung saja, namun bisa juga dengan berkirim pesan, social media, maupun melalui email.

Latihanlah untuk terus berkomunikasi yang efektif. Dengan demikian, Anda semakin mudah untuk mendapatkan relasi. Ini bukan hanya bagi orang yang memiliki ekstrovert saja, nyatanya, orang yang introvert juga harus memiliki keahlian berkomunikasi efektif.

5. Menerapkan gaya hidup sehat
Kebiasaan orang sukses di pagi hari dengan sarapan makanan bergizi seimbang. Terkadang, kebiasaan orang sukses sebelum tidur dengan meminum susu atau memakan buah.

Kenapa mereka melakukan demikian? Karena mereka menyadari akan pentingnya kesehatan. Untuk badan selalu sehat, mau tidak mau harus menerapkan gaya hidup sehat.

Orang sukses adalah orang yang biasanya berpikir jernih dan juga selalu belajar. Jika mereka tidak sehat, maka tentu tidak bisa berpikir jernih dan belajar.

Dan juga, kesehatan itu sangat penting. Buat apa memiliki kekayaan berjibun, emas menumpuk segunung, tapi sakit-sakitan. Lama-kelamaan harta kekayaan yang tersimpan itu bakal habis hanya untuk kesehatan saja.

Jadi, jangan malas menerapkan gaya hidup sehat. Biasakan memakan makanan bergizi seimbang, memakan buah-buahan, kalau bisa meminum susu lagi. Oh ya, ikan laut juga sangat tinggi loh gizi-nya untuk tubuh.

Apalagi kandungan omega 3 dan omega 6 pada ikan sangat mendukung bagi perkembangan otak. Acosta, DE, dkk menemukan bahwa omega 3 dan omega 6 juga berpengaruh pada aktivitas antioksidan pada otak. Hal itu menunjukkan betapa pentingnya peranan ikan laut pada perkembangan otak.

6. Sering mengevaluasi diri sendiri
Bahasa lainnya adalah introspeksi diri. Ini adalah kebiasaan orang sukses di malam hari. Mereka biasanya, pada malam hari secara berkala mengevaluasi diri mereka. Apa yang harus dirubah dan apa yang harus ditingkatkan.

Apakah selama ini penuh dengan topeng, sehingga harus menjadi diri sendiri. Apakah selama ini bahagia, atau apakah selama ini menjadi orang yang sombong? Hal tersebut kerap dipikirkan orang-orang yang ingin memperbaiki dirinya menjadi lebih baik.

Maka dari itu, jangan malas melakukan introspeksi diri. Kalau tidak bisa mengevaluasi diri sendiri dengan diri Anda, bisa minta bantuan dengan sahabat Anda atau kekasih Anda. Karena merekalah yang mengerti Anda sepenuhnya.

7. Bangkit dari kegagalan
Gagal itu biasa namun bangkit dari kegagalan adalah luar biasa. Semua orang pernah mengalami yang namanya gagal, namun, untuk bangkit dari kegagalan itu hanya sedikit orang yang bisa melakukannya.

Kegagalan itu memang pahit. Ingin rasanya untuk mengakhiri diri, dunia terasa sangat kejam di kala kegagalan itu datang. Namun, sebenarnya kegagalan itu baik namun menyakitkan.

Dia datang memberitahu Anda bahwa ada kesalahan yang Anda lakukan. Anda melakukan kesalahan secara tidak sengaja dan itu perlu diperbaiki. Baik itu sikap Anda maupun kegiatan bisnis/instansi/wirausaha Anda.

8. Hidup sederhana
Janganlah menghambur-hamburkan uang seenaknya, karena hal tersebut tidak baik. Segala yang didapat, sebaiknya dikeluarkan dengan hati-hati. Kalau bisa, pengeluaran tersebut bisa bertambah di masa depan dengan berinvestasi.

Orang sukses di seluruh dunia sangat jarang yang namanya foya-foya. Kalau orang yang barus sukses atau setengah sukses sih banyak yang hidup foya-foya. Hal itu karena para orang sukses masih memikirkan uang mereka ke hal yang berguna.

Hidup sederhana bukanlah buruk, namun hidup foya-foya sangat buruk. Dengan hidup foya-foya, usaha Anda selama belasan tahun akan terbuang percuma.

Dan nantinya, Anda akan menjadi budak harta. Kalau sudah diperbudak oleh harta, tidak akan terasa lagi yang namanya kebahagiaan.

9. Menjadi diri sendiri
Orang sukses tidak suka memakai topeng, mereka kebanyakan menjadi diri sendiri apa adanya. Bahkan, mereka tidak segan-segan memperlihatkan diri mereka sebenarnya. Lihat saja beberapa orang sukses, tidak malu menggunakan barang-barang murah.

Orang sukses menyadari, kalau mereka tidak menjadi diri sendiri, maka mereka akan kesulitan dalam berkomunikasi. Mereka harus menjadi diri orang lain agar komunikasi lancar. Awalnya sih masih bisa, namun lama-kelamaan tidak akan bisa.

Dan ketika menjadi diri sendiri, berkomunikasi maupun bersikap tidak akan menjadi beban. Tapi perlu diingat, walaupun menjadi diri sendiri, tapi dalam berkata harus berpikir terlebih dahulu. Karena hal tersebut sangat perlu. Orang berkata, “Berpikir dahulu baru bicara.”

10. Memberi sebagian rezeki ke orang membutuhkan
Sebenarnya apa sih pengertian orang sukses itu? Banyak sekali definisi menjelaskan pengertian orang sukses. Ada yang memandang harta kekayaan, dengan kekayaan harta yang berlimpah maka dapat dikatakan sebagai orang sukses.

Ada yang memandang simpanan, semakin banyak simpanan maka semakin sukses. Ada yang memandang karir.

Namun hal tersebut memang sukses di fisik, namun belum tentu sukses di hati nurani. Pengertian orang sukses yang sebenarnya adalah orang sukses di fisik maupun di hati nurani.

Dan menjelaskan orang sukses di fisik dan hati nurani adalah orang yang senang memberi sebagian rezeki mereka ke orang membutuhkan.

Logikanya, mereka yang mempunyai rezeki yang berlebih mampu memberikan sebagian rezeki ke orang membutuhkan. Rezeki yang berlebih ini berbeda di satu orang ke orang yang lainnya. Tidak ada faktor penentu yang menentukan rezeki seseorang berlebih.

Seseorang yang gaji dua juta sebulan, bisa terasa berlebih ke satu orang, tapi bisa juga kurang ke satu orang. Dan ketika seseorang telah memberi sebagian rezeki mereka yang membutuhkan, otomatis hati nurani mereka ikut senang. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Jawabannya, karena itu sifat asli manusia, senang membantu orang yang membutuhkan.

Penutup
Banyak kebiasaan orang sukses yang bisa kita tiru. Sebenarnya, definisi sukses itu berbeda-beda. Tapi, definisi sukses fisik, hati nurani, dunia, dan akhirat adalah orang yang senang memberi sebagian rezeki mereka ke orang yang membutuhkan.

Artikel Asli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here