Home Keluarga 12 Kelakuan Unik yang Dilakukan oleh Orang Tua di Indonesia, Benar Gak?

12 Kelakuan Unik yang Dilakukan oleh Orang Tua di Indonesia, Benar Gak?

94
0
SHARE

Orangtua Indonesia punya keunikan yang mungkin tidak dimiliki oleh orang tua lain di dunia. Orangtua bisa tiba-tiba sering menghujani anaknya dengan kelakuan atau kata-kata ajaib yang bisa buat kita tepok jidat.

Dan ujung-ujungnya, cuma buat kita menghela nafas panjang. Kalau dilihat lebih dalam lagi, tipe orang tua di Indonesia memang unik dan berbeda dari orang tua di negara lain. Selengkapnya simak di bawah ini.

1. Demi anaknya sukses, orang tua rela hidup susah.

Setiap orang tua ingin menyekolahkan anaknya ke jenjang yang tinggi. Mereka menyuruhmu untuk masuk ke sekolah favorit karena kualitasnya bagus.

Padahal kamu ingin sekolah di tempat lain. Begitu juga saat kamu masuk kuliah. Mereka pasti menyuruhmu untuk masuk ke universitas ternama.

Mereka rela mengeluarkan biaya berapapun untuk melihat kamu sekolah di tempat yang bagus.

2. Suka membandingkan dengan saudara yang lain.

Seringkali kita mendengar orang tua kita membanding-bandingkan diri kita dengan saudara kita atau anak dari teman orang tua kita yang lebih dulu lulus atau lebih dulu dapat kerja. Banyak ragam perbandingan yang diucapkan orang tua kita.

3. Sering membandingkan kehidupan sekarang dengan kehidupan mereka pada zaman dulu.

Membandingkan ke jaman orang tua menjadi hal yang biasa kita dengar dipercakapan kita sehari-hari. Orang tua kita biasa mengeluarkan ucapan ini kalau sudah melihat ada yang aneh-aneh terjadi di sekelilingnya.

4. Orang tua di Indonesia tak pernah bosan mengomentari penampilan anaknya.

Anak muda jaman sekarang doyan pake baju yang gaul, sedikit terbuka dan agak mini. Sekalinya kamu mau jalan sama temen-temen kamu, kamu harus dihadapkan dengan komentar panjang dari bapak atau ibu. Orang tua kita senang mengeluarkan komentar-komentar ajaib tentang penampilan kita.

5. Orang tua suka kerap menyuruh anaknya menjadi PNS atau pekerja kantoran.

Orang tua di Indonesia masih menganggap PNS adalah sebuah jaminan keberhasilan untuk masa depan. Kerja di kantor adalah kerja yang wow buat mereka. Mereka akan sangat bangga jika ada anaknya yang berhasil jadi PNS.

6. Senang menjodohkan anaknya.

Orang tua di Indonesia pasti dengan bangga memperkenalkan anaknya yang cantik ke teman-temannya. Apalagi kalau kamu belum menunjukkan kalau kamu sudah mempunyai seorang kekasih. Bersiaplah konspirasi jodoh pun dimulai.

7. Heboh menyuruh anaknya cepat menikah.

Hanya karena teman-temanmu sudah menikah semua, kamu jadi kena imbas agar diminta segera menikah juga. Nah loh!

8. Membuat pesta pernikahan yang super meriah untuk anaknya.

Karena kamu adalah anak cewek satu-satunya atau anak bungsu atau sulung dalam keluargamu, orang tuamu menggelar kondangan besar-besaran. Menjelang pernikahan, mereka akan sangat sibuk mengurus ini itu.

Bahkan mereka yang lebih sibuk daripada kamu. Ngomongin tentang biaya pernikahan, mereka akan langsung memberikan segala apa yang mereka punya demi menggelar pesta besar-besaran untuk anaknya.

9. Cuma orang tua di Indonesia yang rela membelikan anaknya rumah setelah menikah.

Karena kamu anak yang paling disayang, dan mereka senang, mereka tidak segan-segan menawarkan untuk membelikan rumah buatmu dan pasanganmu. Mereka tidak mau melihat kamu harus mengontrak rumah kecil, mereka tidak mau melihat cucunya kelak harus hidup susah.

10. Orang tua rela cuti hanya untuk menemani anaknya melahirkan.

Orang tua mana yang ingin melihat anaknya kesakitan saat melahirkan? Menjelang kelahiran cucunya, dia akan sangat bersemangat dan rela mengambil cuti sementara waktu untuk menemani anaknya melahirkan dan melihat cucunya lahir.

11. Menawarkan diri untuk mengasuh cucunya.

Waktu sudah nikah dan akhirnya kamu memberikan mereka cucu, orang tuamu dan mertuamu pasti langsung menawarkan diri untuk jagain anakmu. Terkadang mereka bisa rebutan, buat jagain anakmu.

Mereka dengan senang hati merawat cucu mereka. Apalagi jika cucu pertama, orang tua akan sangat sayang pada cucunya daripada kamu, yang anak mereka sendiri.

12. Dengan senang hari untuk membiayai pendidikan cucunya kelak.

Orang tua kita tidak hanya senang ada anak kecil di rumah. Mereka akan sangat senang bisa membantu anaknya membiayai pendidikan cucunya kelak.

Mereka ingin melihat cucunya bisa sekolah dan bisa menjadi orang hebat. Orang tua hanya tidak rela melihat anaknya susah. Mereka akan melakukan apa saja untuk membuat anaknya bahagia. Orangtua melakukan hal-hal ajaib atas nama cinta.

Ketika kelak sudah jadi orang tua, kamu akan sadar apa yang selama ini dirasakan oleh orang tuamu. Seiring berjalannya waktu, kamu akan memahami alasan mereka melakukan hal-hal ajaib terhadapmu.

Perlakuan orang tua terhadap kita pasti punya maksud baik di baliknya. Sebelum bereaksi keras dan menyakiti hati mereka, ingat lagi yuk seberapa besar pengorbanan yang sudah mereka lakukan untuk kita.

Artikel Asli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here