Home Kesehatan 7 Manfaat Daun Mangga

7 Manfaat Daun Mangga

220
0
SHARE

Mangga dikenal sebagai buah yang tidak hanya enak namun juga mempunyai kandungan vitamin yang tinggi dan menyehatkan bagi tubuh.

Ternyata, tidak hanya buah mangga yang bermanfaat baik untuk tubuh, daun mangga juga sangat berkhasiat. Dilansir dari rndhealth, daun mangga memiliki banyak manfaat.

1. Mengobati Anxiety/Cemas yang Berlebihan

Tidak banyak orang tahu bahwa daun mangga bisa digunakan untuk meredakan gejala cemas berlebih. Cara memanfaatkan daun mangga untuk mengatasi kecemasan ini juga cukup mudah.

Anda bisa mengambil segenggam daun mangga, cuci bersih dan gunting kecil-kecil untuk dicampurkan pada air hangat dalam bak yang Anda pakai berendam.

Anda juga bisa memakai cara orang India yang menggantungkan seikat daun mangga di atas pintu untuk mencegah perasaan stress dan cemas bagi keluarga mereka.

2. Mengobati Gangguan Pada Telinga

Sakit pada telinga sangat mengganggu karena bisa menghambat aktifitas sehari-hari. Anda bisa membuat tetes telinga dari ekstrak daun mangga. Caranya, hancurkan daun mangga dengan blender, lalu saring ampasnya.

Hangatkan ekstrak daun mangga dengan api kecil, setelah hangat dan cukup aman untuk kulit, teteskan sedikit ke dalam telinga. Anda akan merasakan sakit telinga Anda jauh berkurang.

3. Mengobati Diabetes

Daun mangga sudah populer untuk mengobati diabetes. Daun mangga mengandung zat tanin dan antocyanin yang bisa mengatasi diabetes secara alami.

Anda cukup merebus beberapa helai daun mangga dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Diamkan air rebusan itu semalaman dan minumlah keesokan paginya.

Ini biasa disebut teh daun mangga dan manfaatnya bisa meningkatkan produksi insulin ke level normal sehingga Anda juga tidak akan mengalami hipoglikemi. Resep ini banyak disarankan oleh dokter di Eropa, loh!

4. Melegakan Saluran Pernafasan

Orang yang menderita flu, bronkitis, dan asma bisa mencoba pengobatan dengan daun manggga ini. Anda juga bisa minum ramuan ini jika Anda mengalami serak atau suara Anda mulai habis.

Caranya, rebus daun mangga dengan air, lalu tambahkan madu dan minumlah selagi hangat.

5. Mengobati Disentri

Daun mangga bisa digunakan untuk mengobati disentri berdarah atau sekedar diare biasa. Caranya, keringkan daun mangga lalu hancurkan dan campurkan dengan sedikit air.

Minum ramuan ini dua hingga tiga kali sehari untuk mengoati disentri.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Daun mangga bisa membantu mengobati tekanan darah tinggi. Caranya sama dengan membuat teh daun mangga seperti untuk mengobati diabetes di atas tadi.

Teh daun mangga akan melancarkan aliran darah agar tekanan darah tetap stabil.

7. Mengobati Luka

Daun mangga bisa mengobati luka terbuka dan luka bakar. Caranya mudah, hancurkan daun mangga segar lalu tempelkan ke luka atau luka bakar.

Daun mangga akan membantu mengurangi rasa sakitnya dan membantu luka menutup lebih cepat. Itulah manfaat dari daun mangga yang selama ini seringkali diabaikan.

Selamat mencoba!

Artikel Asli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here