Home Kajian Islam 9 Keutamaan Hari Jum’at yang Harus Kamu Tahu

9 Keutamaan Hari Jum’at yang Harus Kamu Tahu

198
0
SHARE

Dalam ajaran Islam, semua hari adalah baik. Akan tetapi ada satu hari yang di yang mempunyai kemuliaan dan keutamaan tersendiri karena di hari itu juga memiliki nilai historis dalam sejarah islam. Hari tersebut adalah hari Jum’at, Menurut kalender hijri, jum’at adalah hari yang keenam dalam satu pekan. Kata Jumat berasal dari Bahasa Arab – Jumu’ah – yang berarti berkumpul, karena pada hari itu semua orang islam yang laki-laki akan berkumpul ketika sholat jum’at.

Hari Jumat mempunyai beberapa keutamaan dibandingkan dengan hari-hari lainnya karena berbagai hal, sedikitnya ada 9 keistimewaannya yang akan saya jelaskan seperti di bawah ini.

1. Hari Jum’at adalah Sebaik-baik Hari.

Dari Abu Hurairah RA dari Nabi SAW beliau bersabda:

خير يوم طلعت عليه الشمس يوم الجمعة فيه خلق آدم وفيه أدخل الجنة وفيه أخرج منها ولا تقوم الساعة إلا في يوم الجمعة

“Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jum’at, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jum’at.” (HR Muslim).

2. Di Hari Jumat Terdapat Waktu Yang Mustajab untuk Berdo’a.

Abu Hurairah berkata Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya di hari Jum’at terdapat satu waktu yang mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasulullah SAW mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu” (HR. Muttafaq Alaih)

Seorang ulama’ ternama, Ibnu Qayyim Al Jauziah mengatakan bahwa waktu yang mustajab itu ada versi, sebagaimana ditunjukkan dalam banyak hadits yang shohih, pertama saat duduknya khatib sampai selesainya shalat. Kedua, sesudah Ashar, dan ini adalah pendapat yang terkuat dari dua pendapat tadi” (Zaadul Ma’ad Jilid I/389-390)

3. Shodaqoh Di Hari Jumat Lebih Utama Dibanding Hari Lainnya

Ibnu Qayyim menambahkan: “Sadekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya ibarat sadekah pada bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya”.

4. Hari Diturunkannya Ampunan

Salman Al Farisi berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum’at”. (HR. Bukhari).

5. Jalannya Orang yang Shalat Jum’at adalah Pahala

Aus bin Aus berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang mandi pada hari Jum’at, kemudian bersegera berangkat menuju masjid, dan menempati shof terdepan kemudian dia diam, maka setiap langkah yang dia ayunkan setara dengan pahala puasa dan shalat selama satu tahun, dan itu adalah hal yang mudah bagi Allah”. (HR. Ahmad dan Ashabus Sunan, dinyatakan shahih oleh Ibnu Khuzaimah)

6. Hari Tatkala Allah SWT Menampakkan Diri Pada hamba-Nya Yang Beriman Di Surga

Sahabat Anas bin Malik ketika mengomentari ayat: – Dan Kami memiliki pertambahannya – (QS.50:35) mengatakan: “Allah menampakkan diri pada mereka setiap hari Jum’at”

7. Hari Besar Islam Yang Berulang Setiap Pekan

Ibnu Abbas berkata, Rasulullah SAW bersabda:

“Hari ini adalah hari besar yang Allah tetapkan bagi umat Islam, maka siapa
yang hendak menghadiri shalat Jumat hendaklah mandi terlebih dahulu.”
(HR. Ibnu Majah)

8. Orang Islam Yang Wafat di Malam atau Hari Jum’at Insyaallah Khusnul Khatimah

Diriwayatkan oleh Ibnu Amru, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Setiap muslim yang mati pada siang hari Jum’at atau malamnya, niscaya Allah akan menyelamatkannya dari fitnah kubur”. (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

9. Hari Jum’at Hari Paling Afdhol

Di hari Jum’at, ada beberapa peristiwa bersejarah yang terjadi di hari itu, antara lain:

  • Allah menciptakan Nabi Adam dan mewafatkannya.
  • Hari Nabi Adam dimasukkan ke dalam surga.
  • Hari Nabi Adam diturunkan dari surga menuju bumi.
  • Hari akan terjadinya kiamat.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW berkata: Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari jumat, di hari itu Adam diciptakan, dan di hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, di hari itu juga kiamat akan terjadi, di hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mu’min shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya. (HR. Muslim)

Demikian 9 keutamaan dan keistimewaan tentang hari Jum’at, semoga kita semua bisa mendapatkan keberkahan di hari jum’at yang sangat mulia ini. Amin.

Artikel Asli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here