Home Kesehatan Anda Suka Makan Tempe? Bersyukurlah, Karena ini Manfaatnya yang Luar Biasa

Anda Suka Makan Tempe? Bersyukurlah, Karena ini Manfaatnya yang Luar Biasa

114
0
SHARE

Tempat, siapa yang tidak tahu dengan makanan yang satu ini. Ya, semua pasti sudah mengenalnya dan sudah pernah bahkan sering memakannya. Selain dijadikan sebagai lauk pauk yang dimakan bersama nasi, tempe juga bisa dijadikan cemilan sarapan.

Coba lihat disekeliling kita, setiap ada orang yang berjualan gorengan di pinggiran jalan baik di kota-kota besar maupun di lorong-lorong desa, tempe tak pernah ketinggalan dan selalu laris manis dibeli orang.

Tempe merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Makanan hasil olahan kacang kedelai ini juga disukai oleh hampir semua orang. Mungkin Anda tak menyangka, ternyata banyak manfaat tempe yang tidak kita ketahui.

Itulah sebabnya tempe banyak direkomendasikan sebagai salah satu makanan sehat. Walalupun harganya murah, tempe bisa menjadi makanan yang kaya zat gizi.

Anda pasti tidak akan melewatkan tempe, bila mengetahui beberapa manfaat tempe berikut ini. Apa saja manfaat tempe bagi kesehatan?

1. Tempe kaya protein

Dalam 100 gram tempe atau dua potong tempe mengandung 19 gram protein. Jumlah tersebut memenuhi 34% kebutuhan protein harian orang dewasa.

Protein dalam tempe dapat berfungsi untuk memelihara jaringan otot dan memproduksi enzim yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh untuk menjalankan fungsinya.

Bagi Anda yang vegetarian juga tidak perlu khawatir kekurangan protein bila Anda mengonsumsi tempe.

2. Mendukung kinerja otak

Satu porsi tempe dapat mencukupi kebutuhan mineral mangan dan tembaga harian Anda. Kedua mineral ini dapat membantu penyembuhan luka dan meningkatkan kekuatan jaringan.

Yang paling penting adalah tembaga dalam tempe dapat meningkatkan komunikasi sel otak. Sehingga kinerja otak Anda akan semakin baik.

3. Tempe baik untuk kesehatan jantung

Tempe mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang dapat melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif dan inflamasi. Maka konsumsi tempe dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda.

4. Mudah dicerna

Meski beberapa sumber protein sulit untuk dicerna, proses fermentasi kedelai pada tempe membuatnya menjadi sumber protein nabati yang mudah untuk dicerna.

Selain itu tempe juga mengandung riboflavin dan niasin yang menghasilkan enzim yang dibutuhkan oleh sel-sel dalam pencernaan. Niasin juga dapat membantu Anda dalam mengontrol nafsu makan.

5. Mencegah kanker

Mungkin Anda terkejut mendengar manfaat tempe yang satu ini. Antioksidan di dalam tempe juga diketahui dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Antioksidan bekerja dengan cara menangkal radikal bebas yang terbukti menjadi salah satu penyebab penyakit kanker.

Namun manfaat tempe ini baru bisa Anda dapatkan bila Anda mengolah tempe dengan cara yang tepat. Hindari menggoreng tempe menggunakan minyak yang mengandung lemak jenuh.

Parents, semoga ulasan tentang manfaat tempe di atas dapat bermanfaat.

Artikel Asli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here