Home Dunia Islam Andai Semua Masjid Seperti 4 Masjid di Indonesia yang Tak Pernah Sepi...

Andai Semua Masjid Seperti 4 Masjid di Indonesia yang Tak Pernah Sepi Jamaah ini

132
0
SHARE

Bulan Ramadan, bulan suci yang penuh berkah ini jadi momen istimewa umat Islam untuk meningkatkan ibadah. Selain puasa, ibadah lain seperti salat wajib, salat sunah, mengaji, dan bersedekah akan diganjar pahala yang berkali lipat lebih besar dibanding bulan biasa. Banyak orang yang juga makin rajin mengunjungi masjid dan melakukan ibadah yang lebih baik dari sebelumnya.

Di Indonesia sendiri, masjid-masjid kerap terlihat lebih ramai di bulan Ramadan. Empat diantaranya terletak di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Keempat masjid ini selalu dimakmurkan dengan kehadiran para muslim untuk beribadah. Selengkapnya, yuk kita ikuti infonya di bawah ini.

1. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal adalah masjid nasional negara Indonesia yang terletak di pusat ibukota Jakarta. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Selain sebagai tempat beribadah, masjid ini juga digunakan sebagai kantor berbagai organisasi Islam di Indonesia.

Masjid ini juga menjadi salah satu bangunan yang menjadi daya tarik wisata di Jakarta. Para wisatawan yang berkunjung ingin melihat langsung masjid megah ini umumnya wisatawan domestik, dan sebagian wisatawan asing yang beragama Islam.

2. Masjid Agung Al-Barkah

Masjid Agung Al-Barkah Bekasi adalah sebuah masjid yang ada di Bekasi. Masjid ini merupakan salah satu masjid tua di Indonesia. Masjid ini dibangun tahun 1890 dipelopori oleh Penghulu Lanraad (Alm) H. Abdul Hamid, di atas tanah wakaf dari (Alm). Haji Barun, dengan luas tanah 3000 meter persegi yang terletak di jalan Veteran.

Masjid ini telah direnovasi beberapa kali hingga kemudian menjadi bangunan yang megah hingga sekarang ini bergaya arsitektur Arab.

3. Masjid Dian Al Mahri

Masjid Dian Al Mahri dikenal dengan nama masjid Kubah Emas yang terletak di Depok. Masjid ini dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, pengusaha asal Banten.

Masjid ini selain menjadi tempat ibadah setiap harinya dan selalu ramai dikunjungi. Dengan luas 50 hektar menempati luas area sebesar 60 x 120 meter atau sekitar 8000 meter persegi, masjid ini dapat menampung sekitar kurang lebih 20.000 jemaah.

Kuba-kubah cantik yang terbuat dari emas membuat masjid ini terlihat makin mempesona. Tak heran banyak orang yang tertarik berkunjung untuk menikmati keindahannya. Ditambah lagi dengan luasnya area masjid dan akses yang mudah dijangkau umum, tempat ini jadi tempat yang sempurna untuk berwisata religi atau beristirahat.

4. Masjid Cut Meutia

Masjid Cut Meutia terletak di Jalan Cut Meutia, Menteng Jakarta Pusat. Tempat ini merupakan bangunan peninggalan zaman Belanda yang kemudian dijadikan masjid. Fisik dari bangunan ini tidak sedikit pun diubah.

Masjid ini memiliki keunikan tersendiri dan kemungkinan tidak terdapat di masjid-masjid lainnya. Salah satu keunikannya, mihrab masjid terletak di samping kiri dari saf salat (tidak di tengah seperti lazimnya). Selain itu posisi safnya juga terlihat miring, ini karena bangunan masjid yang tidak tepat menghadap arah kiblat. Tak heran masjid berasitektur art nouveau terlihat unik dan berbeda dari masjid kebanyakan.

Lantas, apakah Anda pernah mengunjungi masjid-masjid tersebut? Di sisa hari bulan Ramadan, yuk kita perbanyak ibadah dan amal kita. Supaya di hari kemenangan nanti, kita bisa kembali suci dan jadi pribadi yang lebih baik lagi.

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here