Home Hikmah Beberapa Pengingat Terbaik Sepanjang Masa Yang Berbuah Manis Di Akhirat

Beberapa Pengingat Terbaik Sepanjang Masa Yang Berbuah Manis Di Akhirat

125
0
SHARE

Dalam kehidupan seseorang kadang-kadang lupa apa sebenarnya tujuan hidupnya. Sebab itu mereka selalu terjebak dengan suasana yang menjadikannya seorang hamba yang hina akan tuhannya.

Namun sebenarnya banyak pengingat untuk tidak menjadikan kita sebagai manusia yang tak berguna. Hanya saja kita tak mau melihat baik-baik apa saja yang ada disekitar kita. Padahal sesungguhnya banyak Alarm terbaik kita untuk melihat dunia agar kelak menjadi penghuni-penghuni syurga Allah.

Al-Qur’an Dan Hadits Nabi

muslimah.co.id

Yang pertama adalah firman-firman indah Allah yang termaktub Didalam Al-qur’an, yang dijabarkan secara luas oleh hadits-hadist Nabi Muhammad SAW. Langkah kita akan terjaga, jika Al-qur’an dan Hadits menjadi pedoman hidup menuju syurga ilahi.

Karena di dalam Al-quran dan Hadits sudah begitu lengkap sesuai dengan apa yang telah Allah perintahkan, kita butuh waktu untuk meluangkan membaca dan mempelajarinya. Tata cara mengarungi kehidupan dari bangun tidur sampai tidur kembali sudah sangat lengkap. Kita hanya butuh untuk mendownloadnya dengan selalu membacanya bukan?.

Orang Tua Yang Senantiasa Menjaga Anak-Anaknya

Alarm Kedua, yaitu orang tua yang senantiasa menjaga anak-anaknya agar selalu menghamba kepada allah. Ketika anaknya mulai lalai mengerjakan kewajiban shalatnya, ia mampu menyuruhnya dengan bahasa yang penuh dengan kasih sayang.

Ketika anaknya melakukan kesalahan, ia tidak serta merta pecaya dengan alasan yang diungkapkan sang buah hatinya. Sebelum menghakimi, ia akan melakukan wejangan-wejangan kecil guna untuk tidak langsung menyalahkannya.

Karena mental seorang anak akan berubah menjadi mental yang seenaknya dan tidak peduli terhadap pendapat orang lain jika orang tua selalu memarahinya setiap membuat kesalahan. Lagipula islam tidak mengajarkan kepada para orang tua untuk memarahi anaknya ketika mendapati kesalahan. Islam hanya mengajarkan untuk menegurnya, marah itu hanya cara para manusia menegur kesalahan anaknya.

Teman Yang Selalu Mengingatkan Kita Terhadap Kebaikan

giatberdakwah.com

Yang ketiga, adalah teman yang selalu ada waktu untuk mengingatkan kita terhadap kesalahan yang kita perbuat. Teman yang tahu bagaimana menenangkan ketika ada masalah.

Dia yang selalu mencotohkan nilai-nilai yang baik dalam kehidupan kita. Tak peduli bersama atau tidak dia akan selalu meluangkan waktunya untuk mengecek apakah kita tetap dalam jalur yang salah atau tidak.

Teman yang tidak akan hanya mendiamkan kita, lalu meninggalkan kita ketika mengetahui kita melakukan kesalahan, tapi teman yang sudi memberikan contoh yang benar agar kita dapat melangkah bersama menuju jalan Allah.

Pasangan Yang Selalu Membimbing Kita Dijalan Allah

britisia.com

Yang keempat, adalah pasangan yang suami istri yang selalu saling mengigatkan dan saling mendukung dalam hal kebaikan. Baik dalam mengerjakan perintah allah, menjaga anak-anaknya, atau dalam menjaga harta-hartanya.

Jika salah satunya melakukan kesalahan-kesalahan, ia mampu menegurnya tanpa ada rasa canggung sedikitpun. Ketika salah satunya khilaf maka tak perlu waktu lama untuk meluruskannya.

Guru Yang Selalu Mendidik Murid-Muridnya Tanpa Lelah

Hipwee.com

Yang terakhir adalah para guru yang tidak pernah letih mendidik murid-muridnya dengan tanpa mengeluh. Dia rela meluangkan banyak waktu hanya untuk mendidik anak-anak orang lain agar senantiasa melakukan hal kebajikan. Tidak pernah putus asa dalam mengajarkan ilmu-ilmu allah walau berulang kali.

sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here