Home Kesehatan Bu, Jenis Buah ini Paling Baik untuk Dikonsumsi Saat Hamil, Lho

Bu, Jenis Buah ini Paling Baik untuk Dikonsumsi Saat Hamil, Lho

116
0
SHARE

Selama hamil, wanita hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi. Sebab hal itu penting untuk menjaga kesehatan ibu maupun janin sehingga proses persalinan yang dinantikan pun akan semakin aman.

Salah satu jenis makanan yang kaya akan nutrisi dan serat, yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama hamil, adalah adalah buah-buahan.

Makanan ini memiliki banyak kandungan seperti vitamin C, asam folat, beta karoten dan kalium. Seluruh zat gizi tersebut sangat dibutuhkan baik bagi ibu maupun calon bayi.

Meski memiliki banyak manfaat, namun tak bisa dimungkiri bahwa selalu ada yang terbaik dari yang terbaik.

Termasuk dalam memilih buah yang dikonsumsi selama hamil. Cek daftar buah yang baik untuk dikonsumsi bagi ibu hamil berikut!

Apel
Sebuah penelitian menyebut bahwa rutin mengonsumsi buah apel selama hamil dapat menurunkan risiko asma pada bayi yang akan dilahirkan.

Selain itu, ibu yang rutin mengonsumsi apel juga dapat menghindari bayi lahir dengan membawa alergi tertentu.

Selain manfaat bagi janin, mengonsumsi apel juga baik untuk menjaga  ibu selama hamil. Hal tersebut karena apel banyak mengandunng serat, vitamin A dan vitamin C serta kalium.

Pisang
Ibu hamil yang rajin makan pisang biasanya akan memiliki energi yang lebih banyak dalam menjalani kehamilan.

Karena pisang merupakan sumber kalium terbaik bagi tubuh dan berguna sebagai pasokan energi yang cepat untuk ibu.

Selain itu, mengonsumsi pisang juga disebut dapat menurunkan rasa mual yang terjadi. Kandungan vitamin B6 dan vitamin C membuat pisang harus masuk dalam menu “wajib” dan dikonsumsi dengan buah lain.

Mangga
Buah yang satu ini juga baik untuk dikonsumsi oleh ibu selama menjalani kehamilan. Buah mangga banyak mengandung vitamin C dan memenuhi kebutuhan harian tubuh terhadap zat gizi tersebut.

Ibu hamil yang rutin mengonsumsi mangga juga dapat membuat bayi yang akan lahir memiliki kekebalan tubuh yang tinggi. Hal ini terjadi karena kandungan vitamin A yang tinggi dalam buah mangga.

Alpukat
Ibu hamil juga dianjurkan untuk banyak mengonsumsi buah alpukat. Sebab buah ini tinggi akan asam folat, vitamin c dan vitamin B. Seluruh asupan tersebut penting untuk dikonsumsi ibu selama hamil.

Buah alpukat juga banyak mengandung vitamin K, serat serta banyak zat mineral yang juga diperlukan ibu hamil.

Mengonsumsi buah alpukat juga disebut dapat mengatasi gejala mual dan kram yang dialami ibu selama hamil. Alpukat juga dipercaya baik dan berperan penting dalam perkembangan otak bayi.

Jeruk
Sebagai buah yang sering diidentikkan dengan vitamin C, ternyata jeruk  juga memiliki manfaat lain bagi ibu hamil. Kandungan vitamin, folat dan serat dalam buah jeruk disebut-sebut dapat membuat ibu menjalani masa kehamilan dengan lebih baik dan sehat.

Rutin mengonsumsi buah jeruk juga dapat membantu menghindari ibu dari dehidrasi alias kekurangan cairan. Sebab jeruk banyak mengandung air yang jika dikonsumsi dapat membantu ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama mengandung.

Jika ibu hamil mengalami dehidrasi, biasanya tubuhnya akan lebih mudah lelah serta bisa menimbulkan masalah yang tak diinginkan. Nah, biar tetap sehat selama hamil, jangan lupa untuk mengonsumsi buah setidaknya 2-3 porsi setiap hari, ya.

Artikel Asli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here