Home Kesehatan Jangan Sepelekan Jika Kamu Sulit Bangun Pagi, Karena Bisa Jadi ini Penyebabnya

Jangan Sepelekan Jika Kamu Sulit Bangun Pagi, Karena Bisa Jadi ini Penyebabnya

108
0
SHARE

Jam berapa biasanya kamu bangun pagi? Bagi kita yang hobi begadang sampai subuh, kita bisa-bisa bangung jam 9 pagi. Selain kebiasaan begadang, tidur larut juga bisa disebabkan oleh insomnia.

Nah, namun mulai sekarang jangan anggap bangun siang menjadi hal yang wajar. Seorang ahli, Gail Saltz, MD., mengatakan bahwa ngantuk berlebihan bisa disebabkan oleh atypical depression.

Melansir webMD.com depresi atipikal bisa menjadi “specifier” untuk depresi berat atau gangguan dysthymic. Orang dengan atipikal depresi sering mengalami depresi sejak dini, di masa remaja mereka.

Melansir health.com ciri utama dari gangguan ini adalah terlalu banyak tidur dan tidak pernah merasa cukup. Hal inilah yang kemudian menyebabkan kita sulit bangun di pagi hari.

Kondisi yang satu ini ternyata memiliki gejala yang sulit untuk dikenali sejak awal. Ini karena gejala atypical depression berbeda dengan gejala depresi pada umumnya. Beberapa penderitanya pun sering terkecoh.

Menurut ahli dari University of Michigan Comprehensive Depression Center, Michelle B. Riba, MD., keluhan yang banyak dilontarkan hanya seputar masalah tidur.

“Banyak orang datang ke dokter untuk mengeluh tentang masalah tidur, atau sakit kepala, tidak menyadari bahwa ini adalah gangguan mood, karena mereka tidak memiliki mood yang buruk,” katanya.

Hal itu, katanya, mungkin karena tidak semua gejala depresi akan terjadi sekaligus. Seseorang mungkin akan merasakannya secara bertahap, dan membutuhkan waktu untuk mengenalinya.

Bahkan beberapa gejala mungkin akan terjadi tanpa disadari, termasuk perasaan lelah meski sudah cukup tidur. Tak hanya itu, atypical depression juga tidak diikuti dengan penurunan nafsu makan, sehingga semakin sulit untuk dideteksi.

Karena pada umumnya, saat seseorang merasa benar-benar lelah dan hanya ingin tidur, minat pada aktivitas lain termasuk makan akan menurun drastis.

Well, jika kamu merasa ragu dan mencurigai kebiasaan sulit bangun pagi, segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti.

Artikel Asli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here