Home Inspiratif Jose Mujica, Presiden Paling Miskin di Dunia

Jose Mujica, Presiden Paling Miskin di Dunia

223
0
SHARE

Anda mungkin tak percaya, tapi Jose Mujica, Presiden Uruguay periode 2010-2015 merupakan presiden paling miskin di dunia.

Berikut adalah fakta-fakta tentang Jose yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Jose Mujica tinggal di kawasan pertanian yang jauh dari kehidupan perkotaan modern. Rumahnya sangat sederhana, jika tidak dikatakan kecil. Rumah tersebut hanya memiliki satu kamar tidur saja. Sementara untuk menjalankan kewajibannya sebagai kepala negara, Jose biasanya akan menggunakan mobil Volkwagen buatan tahun 1987.

2. Setiap bulannya, Jose mendapatkan gaji hampir $120.000. Dari jumlah itu, ia menyumbangkan 90% dari gajinya tersebut untuk rakyatnya sendiri. Itu artinya Jose hanya menerima Rp. 10 juta saja setiap bulannya dari hasil kerjanya sebagai seorang Presiden Uruguay. Luar biasa!

3. Acosta, salah seorang rakyat Uruguay, tengah mencari tumpangan untuk menuju tempat kerjanya. Setelah berdiri cukup lama di pinggir jalan, datanglah sebuah mobil berhenti untuk memberinya tumpangan. Setelah dibuka pintunya, betapa terkejutnya Acosta karena yang memberinya tumpangan adalah presidennya sendiri.

4. Pria kelahiran 1935 ini membuat kebijakan larangan untuk beberapa pabrik rokok, termasuk Philip Morris yang notabene merupakan salah satu perusahaan rokok terbesar di Amerika Serikat. Menurutnya, rokok merugikan penggunanya dan orang lain. Sontak saja kebijakan ini mendapat perlawanan keras dari masyarakatnya dan perusahaan rokok yang bersangkutan. Bahkan Philip Morris sampai menuntut Uruguay sebesar $25 juta melalui Bank Dunia.

Artikel Asli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here