Home Kajian Islam Keutamaan dan Bacaan Niat Mandi Sunnah di Hari Jumat, Lengkapi dengan Arab,...

Keutamaan dan Bacaan Niat Mandi Sunnah di Hari Jumat, Lengkapi dengan Arab, Latin dan Artinya

153
0
SHARE

Hari jumat adalah salah satu dari tujuh hari yang sangat di istimewakan, yang mana hari jum’at tersebut di katakannya dengan “Sayyidul Ayyam” dimana pada hari tersebut dikatakan sayid atau induknya hari, merupakan hari yang lebih utama di bandingkan dengan hari-hari yang lainnya.

Bacaan dan niat mandi sunat di hari jum’at yang utamanya dikerjakan ketika akan berangkat untuk menunaikan sholat jumat bagi laki-laki, namun waktu pelaksanaan mandi jumat yang tepatnya yakni semenjak terbit fajar hingga menjelang pelaksanaan sholat jum’at, maka segeralah ketika telah masuk waktu tersebut dan bersiap untuk segera pergi mendatangi tempat sholat jumat.

Hukum mandi jumat yaitu sunat, mandi ketika hendak shalat jumat termasuk, atau ada juga yang mengerjakannya mandi junub dan mandi jum’at di hari itu dalam waktu yang sama, dan berikut kami tuliskan untuk bacaan lafadz niat mandi jumat.

Bacaan Niat mandi Hari Jumat Lengkap Dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya :

Dalam Tulisan Arab :

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِحُضُوْرِ صَلاَةِ الْجُمْعَةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Tulisan Latin :
NAWAITUL GHUSLA LIHUDHUURI SHOLAATIL JUM’ATI SUNNATAN LILLAAHI TA’AALAA

Artinya :
“Saya niat mandi untuk shalat pada hari jum’at (mandi jum’at) sunnah karena Allah Ta’ala”

Selain membersihkan badan pada hari jum’at juga dianjurkan untuk membersihkan lingkungan, sarana tempat umum misalnya masjid tempat sholat jumat atau tempat sarana lainnya, dan di sunatkan juga untuk mencukur bulu-bulu yang ada pada tubuh, memotong kuku DLL. Semoga apa yang kami sampaikan ada manfaatnya, mohon maaf mungkin ada banyak kekurangannya sekian dan terimakasih atas kunjungannya.

Wassalamu’alaikum Wr,Wb.

Artikel Asli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here