Home Pendidikan Anak Pantas Jepang Maju, di Sana Anak-anak Wajib Lakukan 10 Poin ini Sebelum...

Pantas Jepang Maju, di Sana Anak-anak Wajib Lakukan 10 Poin ini Sebelum Masuk SD

113
0
SHARE

Dunia pendidikan di Jepang sering kali jadi sorotan dunia. Negeri Bunga Sakura ini punya pendidikan yang terkenal dengan kedisiplinannya.

Bahkan kedisiplinan ini sudah dimulai sejak mereka memasuki jenjang pendidikan pertama atau setingkat TK. Sebelum memasuki pendidikan sekolah dasar, tentu ada hal-hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu.

Apakah Anda penasaran, kira-kira apa saja yang harus dimiliki anak-anak di Jepang sebelum memasuki pendidikan sekolah dasar? Samakah dengan yang ada di Indonesia?

Dilansir dari laman SoraNews24, ternyata ada 10 poin yang harus dimiliki anak-anak di Jepang sebelum memasuki sekolah dasar.

1. Mendengarkan Dengan Penuh Perhatian Ketika Ada Orang Lain Berbicara
Tentu hal ini tidak hanya di Jepang. Di seluruh dunia mana pun, sikap ini harus dimiliki setiap orang sebagai bentuk penghargaan terhadap sesama.

2. Menjawab pertanyaan dengan jelas
Ketika si kecil mendapatkan pertanyaan, mereka harus bisa menjawab dengan suara yang keras dan jelas. Hal ini untuk memudahkan pendengar memahami perkataan mereka.

3. Duduk Dengan Benar di Kursi
Kebanyakan anak kecil masih sulit jika harus mempertahankan konsentrasi dalam waktu yang cukup lama. Seperti halnya jika harus duduk diam di kursi selama beberapa waktu untuk mendengarkan penjelasan dari guru.

4. Barang Orang Lain Bukan Miliknya
Ini yang perlu benar-benar diterapkan oleh para orangtua. Untuk memberi pengertian kepada anak-anak bahwa apa yang dimiliki orang lain bukanlah miliknya.

5. Pastikan Pakaiannya Bersih
Menjaga kebersihan harus diterapkan di mana pun berada, baik di rumah mau pun di sekolah. Dengan demikian, anak-anak tidak bisa sembarangan mengotori pakaian seragam mereka.

6. Menjaga Meja Agar Tetap Terlihat Rapi Dan Teratur
Biasakan si kecil untuk kembali meletakkan mainan ataupun benda lainnya ke tempat semula setelah digunakan. Hal ini untuk membiasakan si kecil agar hidup rapi dan teratur.

7. Tidur Lebih Awal dan Bangun Sendiri
Mungkin hal ini sedikit sulit. Meminta si kecil untuk terbiasa tidur lebih awal dan bangun sendiri tanpa paksaan pada pagi harinya. Tanamkan hal ini sebagai tanggung jawab mereka terhadap diri sendiri.

8. Bersahabat Dengan Teman-teman Sebaya
Kemampuan interaksi sosial sangat dibutuhkan ketika memasuki dunia pendidikan di sekolah. Untuk itu, si kecil harus menjadi sosok yang bersahabat dan berteman dengan siapa pun.

9. Berani Meminta Maaf
Ketika si kecil membuat sebuah kesalahan, maka dia juga harus berani meminta maaf dengan sungguh-sungguh. Selain itu, si kecil juga harus berjanji untuk tidak mengulanginya lagi di kemudian hari.

10. Mandiri
Selain disiplin, pendidikan di Jepang juga menuntun anak-anak untuk menjadi sosok yang mandiri. Bahkan sejak mereka masih kecil.

Satu poin yang harus dimiliki anak-anak di Jepang sebelum memasuki sekolah adalah mereka bisa melepas sepatunya sendiri. Kemudian meletakkannya di rak sepatu secara teratur.

Pantas saja Jepang jauh lebih maju dari kita. Karena itu, sebaiknya kita juga melakukan hal yang sama biar kita bisa maju. Kenapa tidak?

Artikel Asli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here