Home Kajian Islam Sebaik Apa pun Dirimu Jangan Mencela yang Belum Baik, Karena Mudah Bagi...

Sebaik Apa pun Dirimu Jangan Mencela yang Belum Baik, Karena Mudah Bagi Allah Menukar Posisinya denganmu

177
0
SHARE

Selalu ingatkan diri kita, bahwa sehebat dan sebaik apapun kita semua itu karena berkat campur tangan Allah.

Allah yang memberi hidayah agar kita senantiasa menjadi lebih baik, dan melakukan perbaikan tiada henti, hingga kita terlihat baik dimata manusia lainnya.

Jadi, sebaik apapun kita jangan pernah merasa bangga, apalagi sampai berlagak sombong dan mencela dia yang belum baik, karena sangatlah mudah bagi Allah membolak-balikkan keadaan, bisa saja kita yang saat ini baik dihari esok berada dalam posisi dia yang kita cela. Na’udzubillah

Jagalah Hati Dari Sifat Merasa Lebih Baik, Agar Kita Tidak Gampang Mencela Siapapun

Oleh sebab itu, jagalah hati kita dari sifat merasa lebih baik dari orang lain, agar kita tidak gampang mencela siapapun dan dimanapun kita berada.

Karena biasanya seseorang yang dengan mudahnya menghina, mencela, dan meremehkan adalah ia yang didalam dirinya selalu ada keegoan merasa lebih baik dan suci.

Ingatlah Dengan Bijak, Bahwa Bukan Hal Sulit Bagi Allah Mentakdirkan Hal Yang Sama Kepada Kita

Jadi ingatlah dengan bijak, walau sudah benar kata orang kita adalah seseorang yang baik dan hebat dalam menghamba kepada Allah, tidak sepantas kita mencela siapapun, karena bukan baik namanya bila kita belum bisa menjaga lisan dan hati kita

Lagi, baik itu hanya pandangan manusia semata, dan belum tentu dalam pandangan Allah adalah sama baiknya, maka janganlah kita sombong. Dan selalu ingatlah pula, bukan hal sulit bagi Allah membalikkan nasib, jadi hati-hatilah dalam berucap, takut nanti atau lusa kita berada dalan posisi yang sama dengannya.

Tetaplah Sadar, Gelar Baik Yang Kita Miliki Datang Karena Allah Telah Menutup Aib Kita, Maka Janganlah Sombong!

Tetaplah sadar bahwa gelar baik yang kita miliki saat ini ada karena Allah telah begitu baik menutup aib kita, maka kendalikanlah hati untuk tidak pernah berlaku sombong.

Jangan sampai hanya karena kita merasa banyak melakukan kebaikan, lantas kita seenaknya memandang buruk orang lain, seolah-olah hanya kitalah yang paling benar.

Jangan Merasa Kita Paling Suci, Sebab Bisa Saja Yang Kita Cela Akan Lebih Hebat Taubatnya Dibandingkan Kita Nanti

Jangan sampai kita merasa paling suci dari dosa, lalu seenaknya menerakan orang lain. Sebab, bisa saja yang kita cela saat ini akanblebih baik dan hebat taubatnya dibandingkan kita yang telah lebih dulu bertaubat.

Teruslah Rendah Hati, Hingga Saat Kita Bertemu Orang Yang Belum Baik, Hati Kita Lebih Kepada Mendoakan Yang Baik-Baik

Maka teruslah ingatkan diri untuk rendah hati, hingga saat kita bertemu dengan siapapun diantara kita, yang sikap dan perbuatannya belum sesui dengan aturan Allah 100% maka kita tidak gampang meremehkannya.

Namun, lebih kepada niat baik mendoakannya dengan beragam kebaikan, agar suatu saat nanti dia bisa pula bersama-sama menuju jannah-Nya.

Artikel Asli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here