Home Kajian Islam Sebenarnya Berapa Hari sih Puasa Sunnah di Bulan Rajab Itu? Ini Penjelasan...

Sebenarnya Berapa Hari sih Puasa Sunnah di Bulan Rajab Itu? Ini Penjelasan Para Ulama

330
0
SHARE

Mengenai berapa hari puasa Rajab di laksanakan, para ulama dalam hal ini berbeda pendapat, yaitu:

Pertama, untuk mayoritas ulama dari kalangan Madzhab Hanafi, Maliki dan Syafi’i berpendapat bahwa puasa Rajab hukumnya Sunnah selama 30 hari, serta pendapat ini juga menjadi qaul dalam madzhab Hanbali.

Kedua, madzhab Hanbali berpendapat bahwa berpuasa Rajab secara penuh (30 hari) hukumnya makruh apabila tidak disertai dengan puasa pada bulan-bulan yang lainnya.

Tetapi Kemakruhan ini akan menjadi hilang apabila tidak berpuasa dalam satu atau dua hari dalam bulan Rajab tersebut, atau dengan berpuasa pada bulan yang lain.

Jadi jika melihat dari empat madzhab yang berpendapat membolehkan puasa di bulan rajab tidak ada alasan lagi bagi kita semua untuk tidak menyambut bulan rajab dengan di sisi puasa.

Ada pun untuk jumlah harinya kapan dan berapa hari bisa berpendoman pada empat madzhab di atas. Namun perlu sedikit di ketahui juga, jika pun memang tidak melaksanakan tidak termasuk dosa.

Karena puasa rajab tidak di hukumi wajib namun lebih mengarahj pada puasa sunnah, tetapi apabila tidak mengerjakan hanya sebatas tidak akan mendapat keutamaan dan pahala puasa saja, dan untuk niatnya bisa langsung simak di bawah ini.

Niat Puasa Rajab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA GHODIN FII SYAHRI RAJABI SUNNATAN LILLAAHI TA’AALAA

Artinya:

“Saya niat puasa esok hari di bulan rajab sunah karena Allah Ta’ala”

Artikel Asli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here