Home Kesehatan Telapak Kaki Bayi ini Muncul Bintik Merah, Penyebabnya Sungguh Pilu, ya Allah

Telapak Kaki Bayi ini Muncul Bintik Merah, Penyebabnya Sungguh Pilu, ya Allah

883
0
SHARE

Kebanyakan bayi atau anak-anak membutuhkan perlindungan ekstra dari orangtua. Ya, anak kecil masih rentan terhadap banyak hal di lingkungan luar. Tak terkecuali dengan penyakit yang menular. Kejadian yang berikut ini termasuk dalam pelajaran berharga bagi orangtua yang memiliki anak. Saat pergi ke tempat keramaian seperti mal atau kereta bawah tanah, lebih baik bawalah pembersih bakteri.

Apalagi kalau kalian sedang pergi bersama anak-anak. Banyak orang tidak sadar bahwa mereka membawa penyakit tertentu yang bisa mematikan bagi sebagian orang. Anak-anak sangat rentan terhadap penyakit. Apalagi dengan segala sesuatu yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Pasalnya sistem kekebalan tubuh mereka belum begitu kuat. Pengguna Facebook bernama Che Nelle baru saja memperingatkan para ibu-ibu lain.

Ini terjadi setelah anaknya yang berusia 2 tahun menderita Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD). Hand, foot, and mouth disease (HFMD) atau penyakit tangan kaki mulut adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dari genus Enterovirus. Penyakit ini tidak diketahui dari mana asalnya. Tapi sang ibu percaya bahwa anaknya terkena penyakit saat mereka pergi berjalan-jalan di mal yang berada di Manila, Filipina. Untuk memperingatkan orang lain, dia menjelaskan bahwa penyakit ini dapat dengan mudah didapat melalui ciuman dan bersin.

“Hati-hati jika kalian pergi dengan anak kecilmu. Pastikan anak tidak menyentuh apapun yang kotor atau paling tidak selalu membersihkan tangan mereka. Berikut adalah beberapa info tentang itu,” tambahnya.

Status unggahan Che Nelle

HFMD umumnya diawali dengan demam, nyeri tenggorokan/menelan, nafsu makan yang menurun, dan nyeri/tidak enak badan.

Setelah demam satu sampai dua hari, timbul bintik-bintik merah di rongga mulut (umumnya berawal di bagian belakang langit-langit mulut) yang kemudian pecah menjadi sariawan. Kemudian, 1-2 hari timbul juga ruam-ruam kulit dan bintik-bintik merah di telapak tangan dan kaki.

Meskipun kelainan selaput lendir dan kulit pada HFMD terutama melibatkan rongga mulut, telapak tangan dan kaki, namun ruam dapat juga timbul di tungkai, lengan, bokong dan kulit sekitar kemaluan.

Orang dewasa dan orang dengan sistem kekebalan tubuh baik mungkin saja terinfeksi virus HFMD namun tidak menunjukkan gejala sama sekali (asimtomatik). Kelompok ini bukanlah kelompok penderita namun potensial sebagai pembawa (carrier) virus HFMD dan menyebarkan virus ini.

Artikel Asli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here