Home Kesehatan Ternyata Kucing Bisa Stress, Ini 10 Tandanya

Ternyata Kucing Bisa Stress, Ini 10 Tandanya

100
0
SHARE

Anda punya kucing? Memang, memelihara kucing bisa menyenangkan hati dan pikiran kita.

Tapi kita harus tahu bahwa ternyata, sama seperti kita, kucing juga bisa stress lho. Coba yuk kita kenali tanda-tandanya yang kami kutip dari cattery.co.id berikut ini:

1. Kencing di luar litter box

Ketika streess kucing akan menjadi sedikit liar tidak pada kebiasaanya . Biasanya mereka manis dan rapih ketika kencing di litter box ketika stress mereka akan melakukan hal diluar kebiasaan. Hal tersebut mungkin sangat menjengkelkan bagi catlovers jika kucingnya kencing di luar litter box.

2. Diare, Sembelit /Masalah Pencernaan Lainnya

Diare, sembelit atau masalah pencernaan lainnya biasanya disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi oleh si kucing. Namun jangan salah, jika kita yakin bahwa makanan yang kita beri pada kucing tersebut sehat dan tidak sedang dalam proses mengganti pakan kucing, maka bisa jadi hal tersebut karena kucing sedang stres.

3. Kerap Menjilati Tubuhnya

Kucing memang dikenal sering grooming tubuh mereka. Namun jika si kucing menjilati bulunya secara berlebihan dan hingga botak, maka ini jelas tanda yang berbahaya. Kemungkinan kucing terkena kutu atau ia sedang stres.

4. Menggaruk Berlebihan

Seperti menjilati berlebihan, menggaruk berlebihan dapat menjadi indikasi bahwa si kucing memiliki masalah kesehatan dan perilakunya. Bisa jadi karena si kucing terkena kutu atau bermasalah dengan kulitnya.

5. Menyendiri

Sikap menyendiri dan acuh tak acuh memang salah satu perilaku kucing. Namun ketika kucing segera berlari dan bersembunyi dan lari ketika melihat kita atau orang asing di rumah, maka itu pertanda kucing mengalami stres atau masalah lainnya.

6. Bersuara Berlebihan

Beberapa jenis kucing – seperti kucing bengal, siamese, dan sphynx – memiliki suara yang lebih vokal dibanding beberapa jenis kucing lainnya yang pendiam. Namun jika kucing terdengar lebih berisik dan vokal dari biasanya, kita harus lebih waspada.

7. Menurunnya Nafsu Makan

Kucing tidak boleh berpuasa atau melakukan diet seperti yang kita lakukan. Jadi segera konsultasikan dengan dokter hewan jika tiba-tiba si kucing kehilangan nafsu makan dan berhenti makan. Bisa jadi karena si kucing tersebut itu stres, atau terkena masalah di sistem pencernaannya.

8. Banyak Tidur

Hanya karena kucing bisa tidur hingga 20 jam sehari, bukan berarti kucing harus tidur selama itu. Jika kucing tidur lebih lama dari biasanya dan terlihat lebih lesu dari biasanya, kita harus lebih waspada.

9. Bersikap Agresif pada Hewan Lain

Tindakan agresif kucing terhadap hewan lain bisa menjadi pertanda terjadi masalah. Bisa jadi hewan tersebut sedang stres atau sakit

10. Agresif terhadap Orang

Kucing yang sedang stres atau sakit bisa menjadi agresif terhadap orang-orang, bahkan terhadap kita sendiri. Ini adalah salah satu tanda yang cukup terlihat.

Artikel Asli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here