Home Kesehatan Wanita Harus Tahu! Saat Warna Darah Haid Mencerminkan Kesehatan Tubuh Kita

Wanita Harus Tahu! Saat Warna Darah Haid Mencerminkan Kesehatan Tubuh Kita

284
0
SHARE

Buat para ledies ternyata warna darah haid sangat mencerminkan kodisi kesehatan tubuh. Bagi kaum hawa datang bulan seolah menjadi ‘mimpi buruk’. Bukan hanya repot harus gonta-ganti pembalut tetapi rasa kram di perust juga cukup menganggu aktivitas.

Beneran bikin semua jadi nggak enak banget kan. Tapi percaya nggak sih bahwa sebenarnya warna darah saat haid ternyata menunjukan bagaimana kondisi kesehatan tubuh mu sekarang?

Berikut ulasannya seperti Tribunstyle.com lansir dari laman Instagram Pesonagadis, Selasa (14/11/2017).

1. Merah Muda

Jika pada saat haid, warna darahmu ini berwarna merah muda, artinya dalam ilmu kedokteran, kamu sedang mengalami anemia atau kekurangan darah.

Namun jika kamu dalam masa subur dan sudah menikah, bisa jadi ini adalah tanda kehamilan muda loh!

Sel telur yang sudah dibuahi dan menempel di dinding rahim ini bisa mengakibatkan sedikit pendarahan pada wanita, jadi jangan khawatir ya, ladies!

2. Merah Terang

Merah terang seperti warna merah cranberi, maka artinya kamu dalam keadaan yang sehat. Dinding rahimmu melebur dalam kecepatan yang normal dan setelah haid­mu habis, tidak ada darah yang tersisa di dalam rahimmu.

Yang perlu kamu perhatikan adalah jika kamu dapet selama 8 hari atau bahkan lebih dengan warna darah seperti ini. Kamu harus segera memeriksakan dirimu ke dokter ya!

3. Merah Tua

Pada hari kedua dan ketiga, kamu pasti bakalan merasa bahwa darah yang keluar itu udah seperti pipa bocor yang gak berhenti­-henti. Bahkan terkadang mungkin ada gumpalan merah tua yang keluar dalam waktu 2­-3 hari ini.

Tapi tenang ladies, jangan panik dulu, semuanya ini sebenernya normal kok karena rahimmu sedang bekerja untuk mengeluarkan gumpalan tersebut.

Tapi jika hal ini terus berlanjut hingga hari ke­4 dan seterusnya, bisa jadi rahimmu tumbuh sebuah tumor dan kamu harus memeriksakannya segera ke dokter. Tapi jika kamu juga melihat ada gumpalan darah berwarna abu­abu, bisa jadi kamu sedang mengalami keguguran.

4. Coklat Tua

Kalau warna coklat tua, kamu harus lebih berhati­-hati ya, ladies! Bisa jadi darah yang ada dalam rahimmu itu beku karena peredaran darah yang berjalan ke arah rahimmu terlalu panjang.

Tapi jangan khawatir, kamu hanya perlu pergi ke dokter dan meminta resep untuk memperlancar peredaran darahnya saja.

Tapi jika warna darahnya berwarna kuning, bisa jadi ada infeksi pada bagian rahim dan tentu saja kamu harus segera mencari dokter.

Intinya periksakan ke dokter kalau merasa ada yang tidak beres. Jangan coba hal yang aneh-aneh, ya.

Artikel Asli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here