Home Peristiwa Ya Allah, Seekor Kepiting Kelapa Memangsa Seekor Burung, Begini Videonya

Ya Allah, Seekor Kepiting Kelapa Memangsa Seekor Burung, Begini Videonya

1217
0
SHARE

Ketam kenari atau yang sering disebut Kepiting Kelapa merupakan artropoda darat terbesar di dunia. Meskipun disebut ketam atau kepiting, hewan ini bukanlah ketam atau kepiting. Ketam ini merupakan jenis umang-umang yang sangat maju dalam hal evolusi.

Jadi mungkin ia lebih tepat disebut umang-umang kenari. Namun demikian penduduk kepulauan Maluku sudah menyebutnya ketam kenari. Ketam ini dikenal karena kemampuannya mengupas buah kelapa dengan capitnya yang kuat untuk memakan isinya.

Kepiting kelapa merupakan satu-satunya spesies dari genus Birgus. Berat kepiting kelapa ini dapat mencapai 4 kilogram dan tumbuh hingga satu meter. Mereka sangat mudah ditemukan di pulau karang yang terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Di Indonesia sendiri, kepiting kelapa ini banyak ditemui di sajian kuliner kota Ternate, Maluku Utara. Seperti dilansir New Scientist, kepiting kelapa ini tertangkap kamera sedang melakukan aktivitas yang dianggap tak lazim.

Kepiting tersebut terlihat sedang memburu dan memangsa seekor burung. Peristiwa ini disaksikan langsung oleh peneliti dari Dartmouth College, Mark Laidre, saat ia sedang mempelajari kepiting raksasa tersebut di pulau terpencil Chagos Island, Samudra Hindia.

Menurut Laidre, kepiting itu memanjat sebuah pohon dan menyerang burung di sarangnya yang berada di ranting pohon dan terletak tidak terlalu tinggi dari tanah. Hewan dengan capit kuat itu kemudian mematahkan sayap burung yang tak berdaya dan menyebabkannya jatuh dari sarang.

Dengan capitnya, kepiting itu kemudian menyerang burung tersebut dan mematahkan sayap lainnya hingga membuatnya lumpuh. Setelah burung tidak lagi bergerak, kepiting kelapa raksasa lainnya berdatangan dan saling menarik bagian tubuh burung tersebut. Laidre menyebut kejadian itu cukup mengerikan.

Artikel Asli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here